(0)



Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.

Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggi dan lahan yang luas. Terlebih, rumah hoek juga sering menjadi incaran banyak orang lantaran memiliki ventilasi yang banyak.

Mitos rumah hoek yang mungkin sering kamu dengar yakni rejeki yang mudah keluar, hal ini dipercayai bagi yang memiliki pandangan feng shui terhadap rumah. Apakah hal tersebut benar adanya? 

Pada artikel ini, kami akan membahas seputar mitos rumah hook, fakta, hingga kelebihan memiliki rumah hoek. Simak artikel berikut ini.


Key takeaways:

  • Jenis-jenis rumah modern yang paling banyak diminati salah satunya adalah rumah minimalis dan rumah hoek.
  • Salah satu mitos rumah hoek yang sering terdengar di masyarakat adalah pengeluaran lebih besar dari pemasukan.
  • Kelebihan tinggal di rumah hoek adalah luas tanah yang lebih besar.

 

Terkait Rumah Hoek

Rumah hoek atau dikenal dengan sebutan rumah sudut adalah hunian yang berada di persimpangan dua jalan, yang membuat rumah ini berada di ujung. Berbeda dengan rumah tusuk sate, rumah ini justru memiliki nilai jual yang tinggi karena lokasinya yang strategis serta bernilai investasi tinggi.

Posisi yang berada di ujung, memungkinkan pemilik rumah mendapat luas tanah lebih banyak. Tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti usaha atau sekadar membuat taman. Karena memiliki lahan yang lebih luas, umumnya developer akan menawarkan kavling dengan harga lebih mahal.

Sesuai asal usul namanya, rumah hoek yakni berasal dari bahasa Belanda. Dapat disederhanakan artinya menjadi hunian yang berada pada bagian paling ujung, dari sebuah ruas jalan atau ruas perumahan yang ada. Rumah ini tidak terhimpit di antara hunian dan hampir memiliki luas yang lebih besar dibandingkan rumah-rumah yang berada di tengah.

Karena bentuknya yang unik, menjadikan bangunan hoek sangat diminati dan cukup dicari oleh seseorang yang sedang mencari sebuah hunian yang nyaman untuk ditinggali. Meskipun demikian, ternyata memiliki rumah hoek mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri.

Rumah hoek juga biasa disebut dengan corner lot atau rumah sudut. Karena letaknya tersebut, rumah hoek memiliki dua sisi yang terbuka bagian depan. Posisi pertama berbatasan langsung dengan rumah tetangga, sementara yang satunya menghadap ke area terbuka.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa rumah hoek sebenarnya sama saja dengan rumah pada umumnya. Namun jika berbicara terkait mitos rumah hoek apalagi ilmu feng shui, posisi rumah hoek dianggap cenderung kurang baik. Menurut ilmu kepercayaan Tionghoa, posisi rumah pojok sering dikaitkan dengan kata “buangan” sehingga kurang baik secara peruntungan.

Baca juga: Rumah Hook Minimalis: Solusi Praktis untuk Ruang Terbatas


Mitos vs Fakta Rumah Hoek

Mitos

  • Penghuni rumah hoek rentan terserang penyakit berbahaya.
  • Rumah pojok dianggap sebagai rumah sisa atau buangan.
  • Pemilik rumah di hoek biasanya kawin sebanyak dua kali.
  • Selain itu, bangunan rumah hoek yang memiliki sudut-sudut terbuka dipercaya menjadi area tempat masuknya energi negatif ke dalam bangunan.

Fakta

  • Karena letaknya yang berada di antara dua buah jalan, menjadikan debu jalan lebih banyak masuk ke dalam rumah.
  • Rumah yang berada di pojok mendapatkan jatah area halaman yang lebih besar dibandingkan rumah lainnya.
  • Rumah hoek arti rumah yang diapit oleh dua buah jalan raya.


Kamu tidak perlu khawatir terkait mitos, sebab secara ilmiah hal tersebut tidak terbukti. Secara logika, rumah hoek disebut “berbahaya” karena posisinya yang rentan kecelakaan.

Untuk mitos feng shui rumah sendiri, beberapa ahli menyarankan untuk menambahkan pagar tinggi dan menanam pepohonan. Lalu, kamu bisa menambahkan elemen air dan angin pada hunian tersebut sebagai penangkal hal buruk. Sejauh ini mitos-mitos yang disebutkan di atas tidak terbukti.

Baca juga: Simak 5 Inspirasi Desain Rumah Hook di Sini!


Kelebihan Desain Rumah Hoek


1. Lahan Lebih Besar dan Luas

Rumah hoek umumnya memiliki ukuran lahan yang lebih luas, sehingga bisa dibangun menjadi rumah tinggal yang lebih besar. Hal ini terjadi karena lahan hoek tidak dibatasi oleh tembok rumah tetangga. Dengan begitu lahan hoek bisa dibangun lebih leluasa menjadi rumah yang lebih besar.

2. Posisi Strategis

Rumah hoek juga dianggap sebagai desain rumah yang baik karena posisinya yang strategis dengan akses yang lebih baik. Terletak di persimpangan dengan dua akses jalan, menjadikan rumah hoek sangat strategis untuk dijadikan lahan usaha atau lokasi bisnis.

Dengan begitu, kamu bisa membuat rumah hoek menjadi ruko, butik, klinik, kantor, salon, dan sebagainya. Kamu juga bisa menyediakan papan reklame dan menarik biaya sewa dari iklan yang ditayangkan.

3. Rancangan Bangunan Lebih Maksimal

Karena lebih luas tanpa dibatasi tembok tetangga, lahan hoek jadi lebih maksimal dan leluasa untuk dirancang. Bahkan bisa menghasilkan desain rumah dua fasad yang lebih estetik dan menawan. Tak heran jika rumah hoek menjadi desain rumah yang bagus bagi arsitek maupun bagi pengembang.

Rumah hoek juga jadi desain tipe rumah yang baik bagi penghuni karena lahan bisa diolah lebih maksimal, dengan tanah yang dibangun menjadi taman indah berisi kolam air mancur, kolam ikan hingga kolam renang. Maka dari itu pemilik rumah hoek sering merasa senang karena tipe rumahnya memiliki tata desain yang bagus.

4. Sirkulasi dan Pencahayaan yang Baik

Karena memiliki dua fasad yang menghadap ke jalan, rumah hoek umumnya memiliki sirkulasi udara, dan pencahayaan alami yang lebih baik. Dengan bukaan berukuran besar di sisi dinding yang terbuka, tipe rumah hoek dapat lebih hemat energi, lebih sehat, lebih sejuk dan lebih nyaman.

Rumah hoek juga memungkinkan adanya banyak bukaan dengan akses view, sirkulasi udara, dan sinar matahari sebagai pencahayaan alami ke lebih banyak ruangan. Dengan begitu, kondisi ruang dalam rumah hoek juga jauh dari kesan tidak nyaman.

5. Pembangunan Lebih Mudah

Rumah yang terletak di lahan hoek juga memudahkan untuk direnovasi tanpa khawatir diprotes oleh tetangga, karena posisinya yang strategis. Membangun tipe rumah di lahan hoek tentu akan lebih leluasa bagi kontraktor, dibanding harus membangun rumah di lahan yang dibatasi tembok rumah tetangga.

6. Nilai Jual Properti yang Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan, rumah hoek memiliki berbagai keuntungan. Tak heran jika rumah hoek memiliki nilai properti yang lebih tinggi, sehingga akan sangat menguntungkan kamu untuk investasi jika dikemudian hari hendak dijual kembali.

Dibanding rumah bertipe sama yang berhimpitan dengan tembok tetangga, rumah hoek lebih mudah diperjualbelikan dan harganya pun melejit. Karenanya memiliki rumah hoek juga berarti menjamin kondisi keuangan kamu sekeluarga di masa depan.

Meski begitu, ada kekhawatiran terkait posisi rumah hoek yang menjadikannya kurang diminati. Dari segi feng shui, letak rumah hoek yang berada di pojok dengan dua akses dianggap membawa energi negatif yang bisa mendatangkan masalah kesehatan, karir dan keluarga.

Tak hanya itu, rumah hoek dipercaya lebih rentan mengalami kecelakaan dan menjadi korban kemalingan karena posisinya yang terbuka.

Padahal, ilmu feng shui juga memberikan solusi untuk menangkal aspek negatif dengan cara menambahkan pagar tinggi, menanam pepohonan hingga menghadirkan elemen air pada hunian agar lebih hoki.

Tak hanya itu, dari istilah aspek ilmiah juga tak ada bukti yang mendukung pernyataan bahwa rumah hoek lebih sering kemalingan dan rentan kecelakaan dibanding rumah lainnya.

Baca juga: Ide Pagar Rumah Hook: Optimalkan Keamanan dan Estetika


Kesimpulan

Mitos rumah hoek tidak dapat sepenuhnya kamu percaya. Kami merekomendasikan saat hendak membeli rumah, ada baiknya jika kamu melihat-lihat prospek dan investasi ke depannya.

Rumah hoek adalah salah satu rumah yang memiliki nilai jual tinggi, dan unggul pada bagian lahan yang luas. Jika kamu tertarik untuk memiliki rumah hoek, kamu harus melihat desain yang ingin kamu miliki.

Kunjungi website kami untuk mengetahui informasi-informasi bermanfaat lainnya seputar properti.


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya