(0)



7 Trik Pacu Semangat Bekerja di Rumah
Info Terbaru | 29 Juli 2019

KOMPAS.com - Bekerja di rumah adalah impian banyak orang. Terutama untuk Anda yang tidak ingin direpotkan dengan kemacetan, pakaian seragam, serta tekanan dari atasan.

Untuk mendukung profesi Anda sebagai self-employed, Anda tentunya memerlukan ruang kerja kreatif di rumah.

Pasalnya, bekerja di rumah kadang bisa membuat kita sulit memisahkan urusan pribadi dengan urusan profesional.

Supaya tidak kehilangan inspirasi dan kreativitas, desain kantor mungil di rumah harus dibuat dengan semenarik mungkin.

Dengan begitu, saat Anda memasukinya, semangat kerja akan memuncak dan membuat Anda semakin produktif. Simak beberapa tipsnya berikut ini!

Jangan terlalu nyaman

Ciptakan nuansa yang kreatif, tidak sekadar nyaman Ciptakan nuansa yang kreatif, tidak sekadar nyaman (www.hunker.com)Desainer kenamaan Clive Wilkinson mengatakan, bahwa ruang kerja seharusnya tidak terlalu nyaman.

Clive terutama dikenal sebagai arsitek dan desainer interior kantor pusat Google di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Menurutnya, menggunakan sebuah kursi yang terlalu empuk atau menaruh sebuah sofa nyaman di ruang kerja dapat mempengaruhi produktivitas.

Tentunya, ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Ciptakan ruang kerja yang provokatif dan mampu memacu kreativitas.

Anda bisa meletakkan rak buku atau papan catatan dinding di salah satu sisi ruangan.

Pilih perabotan yang fleksibel

Beli perabotan yang simpel dan fleksibel Beli perabotan yang simpel dan fleksibel(blog.cousinsfurniture.co.uk)Anda mungkin menginginkan ruang kerja di rumah terasa benar-benar seperti di kantor.

Namun, ingat bahwa tujuan Anda bekerja di rumah adalah agar semuanya berjalan nyaman dan mudah. Jangan membeli perabotan yang terlalu besar dan berat.

Hal ini malah bisa menghalangi Anda untuk mendekorasi ulang ruangan saat sudah bosan nanti.

Belilah kursi yang ringan, meja yang tidak terlalu besar, dan perabotan yang bisa dibongkar pasang dengan mudah.

Tata meja Anda dengan baik

Susun barang-barang Anda dengan baik Susun barang-barang Anda dengan baik (www.changingspacesfurniture.com)Membiarkan meja penuh dengan kertas berkas tidak hanya akan membuat semangat kerja berantakan, tetapi juga rumah Anda acak-acakan.

Karena itu, susunlah barang-barang yang Anda miliki dengan cermat. Letakkan dokumen dan alat tulis pada tempatnya.

Peralatan elektronik seperti printer juga sebaiknya ditaruh dekat dengan pintu agar bisa dimatikan saat tidak dipakai.

Berikan sentuhan personal

Sentuhan personal untuk dukung kreativitas Anda Sentuhan personal untuk dukung kreativitas Anda (www.asianint.info)Barang-barang kesukaan dipercaya bisa menjadi penyemangat tersendiri, tidak terkecuali bagi Anda yang bekerja di rumah.

Meletakkan koleksi perangko atau album artis kesukaan di rak meja kerja mungkin terkesan tidak profesional.

Akan tetapi, sentuhan personal dari barang-barang kesukaan Anda juga bisa memantik semangat kerja.

Tidak ada salahnya juga mengajak serta kucing kesayangan Anda dengan meletakkan kandangnya di sisi meja.

Jangan lupakan pemandangan alami

Pemandangan alami untuk tingkatkan mood dan produktivitas Pemandangan alami untuk tingkatkan mood dan produktivitas(www.contemporist.com)Banyak pekerja yang mengaku lebih bersemangat saat ruang kerjanya menghadap ke jendela. Selain bisa menikmati hembusan angin dan cahaya matahari alami, Anda juga bisa melihat pemandangan di luar rumah.

Merasa terhubung dengan lingkungan di sekitar tidak hanya bisa memperbaiki mood, tetapi juga meningkatkan produktivitas.

Bayangkan saja Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sembari menyaksikan tetesan air hujan di luar. Menyenangkan sekali, bukan?

Beli kursi yang tahan lama

Kursi yang kuat dan tahan lama adalah investasi Kursi yang kuat dan tahan lama adalah investasi(www.sharps.co.uk)Kalau aktivitas harian Anda banyak melibatkan kursi, saatnya mencari produk yang berkualitas sekaligus nyaman.

Kursi yang berkualitas adalah investasi penting bagi pekerjaan Anda dalam jangka panjang.

Jika suka, letakkan sound system

Mendengarkan musik agar suasana kerja semakin menyenangkan Mendengarkan musik agar suasana kerja semakin menyenangkan(www.hunker.com)Kalau Anda adalah tipe orang yang suka bekerja sembari mendengarkan musik, tidak ada salahnya membeli sebuah speaker.

Anda bisa menggunakan alat pemutar piringan hitam klasik yang terkesan antik, atau bluetooth speaker yang bisa tersambung dengan smartphone Anda.

Lagu-lagu kesukaan dijamin akan membuat suasana kerja semakin menyenangkan.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya