(0)



Desain dapur terbuka tipe 36 diminati para pemilik hunian minimalis. Karena, konsep desain dapur ini ideal diaplikasikan di rumah minimalis. Dengan tidak adanya sekat antara dapur dan ruangan lain, seperti ruang tamu atau ruang keluarga, rumah pun akan terasa luas dan jauh dari kata ‘sesak’. 

Sebagai informasi, rumah tipe 36 memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Sedangkan untuk luas lahannya bisa berukuran antara 60 sampai 70 meter persegi. Biasanya orang-orang yang memiliki rumah tipe 36 ini membuat dapur terbuka dengan memanfaatkan lahan di belakang rumah.

Dengan begitu, pembuatan dapur tidak mengurangi luas ruangan inti yang ada di dalam rumah karena dapur terbuka akan menyatu dengan taman belakang.

Key Takeaways: 

  • Rumah tipe 36 memiliki luas bangunan 36 bangunan meter persegi dengan luas lahan berukuran antara 60 sampai 70 meter persegi. Desain minimalis cocok untuk rumah tipe 36. 
  • Jika kamu pemilik rumah tipe 36 dan sedang merancang dapur, konsep terbuka adalah pilihan sempurna. Tapi, kamu perlu memahami kekurangan dan kelebihan dari desain dapur terbuka sehingga memiliki cara mengantisipasinya. 
  • Jika kamu menginginkan dapur terbuka yang nyaman, tetapi belum memiliki cukup pengetahuan untuk desain yang tepat. Kami akan memberi kamu rekomendasi desain dapur terbuka tipe 36, mulai dari semi terbuka hingga nuansa monokrom, sehingga kamu dapat mengaplikasikan desain yang sesuai impian.  

Kekurangan dan Kelebihan 

Sebelum membuat dapur terbuka tipe 36, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan desain dapur terbuka tipe 36:

  • Sirkulasi udara lebih lancar.
  • Pencahayaan lebih maksimal.
  • Area lebih terasa luas.
  • Dapur terhindar dari kelembaban.

Kekurangan desain dapur terbuka tipe 36:

  • Lebih cepat kotor terkena debu.
  • Memerlukan perawatan ekstra.
  • Ruang terbuka berisiko.

Pastikan kamu siap dan mengerti cara mengantisipasi atau mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada. Ingat, rumah kamu adalah zona nyaman, maka prioritaskan hal tersebut. 


source: idea.grid.id


Rekomendasi Ide Desain Dapur Terbuka Tipe 36

Kamu ingin mengaplikasikan desain dapur terbuka yang sedang tren, tetapi tak mengetahui ide desain yang tepat? Jangan khawatir, kami sudah merangkum beberapa inspirasi desain yang bisa kamu aplikasikan. Mari, disimak!

1. Desain Dapur Terbuka Rumah Tipe 36 dengan Plafon Tinggi

Selain dengan konsep terbuka, ukuran ruangan yang kecil dapat diatasi dengan menerapkan plafon yang tinggi. Langit-langit atau plafon yang tinggi akan membuat ruangan terasa luas dan tidak terasa sesak. Tidak hanya dapur, desain yang satu ini juga dapat kamu terapkan di ruangan lain. 

2. Konsep Mini Bar 

Desain dapur terbuka tipe 36 dengan konsep mini bar adalah ide yang menyenangkan. Dengan meletakkan mini bar, kamu dapat menggunakannya sebagai meja makan sehingga dapat menghemat tempat. 

Kamu bisa memasang partisi pintu geser berbahan kaca atau kayu, sehingga dapat mengatasi musim hujan. Dengan menerapkan desain dapur terbuka tipe 36 ini, kamu akan mendapat kemudahan memindahkan makanan yang baru saja dimasak.

3. Desain Semi Terbuka

Jika kamu merasa tidak ingin dapur terbuka menjadi mudah kotor, tema ini adalah pilihan tepat lainnya. Desain semi terbuka ini memaksimalkan penggunaan pintu geser yang dibuat dari bahan dasar kaca, besi atau alumunium.

Dengan menggunakan pintu geser kaca ini, kamu dapat membuka dapur pada saat memasak. Saat sedang hujan atau tidak digunakan, kamu bisa menutup pintu geser kaca supaya lantai dapur tidak basah dan kotor.

4. Tanpa Kitchen Set

Jika ingin menghemat, budget tidak perlu menjadi halangan untuk memiliki dapur terbuka tipe 36. Kamu bisa mengirit budget dengan menggunakan tirai untuk menutup bagian bawah meja dapur dan menggunakan rak kayu tempel untuk menyimpan peralatan dapur.

Untuk menambah kesan asri, tambahkan beberapa tanaman dalam pot gantung sehingga membuat suasana dapur menjadi lebih segar. Memasak pun akan terasa menyenangkan dan nyaman di dapur ini.

Baca juga: Ini Dia Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set!

5. Konsep Modern 

Kamu ingin memiliki rumah modern yang tak rumit? Desain dapur terbuka rumah tipe 36 kamu dengan model modern dan sederhana. Gunakan kabinet serta lemari gantung dengan warna senada, kamu bisa menggunakan warna putih untuk menambah kesan minimalis dan modern. Sementara itu, untuk meja dapur bisa menggunakan keramik berwarna coklat muda. Dapur modern ini juga terlihat unik lewat penggunaan ubin tegel sebagai material.

6. Desain Di Bawah Tangga 

Memiliki ruang terbuka di bawah tangga bisa menjadi keuntungan untuk menerapkan desain yang satu ini. Umumnya, sisa area di bagian bawah tangga dibiarkan begitu saja atau digunakan sebagai gudang dan area penyimpanan barang. Padahal area tersebut dapat dibentuk jadi dapur. 

Dapur terbuka dapat kamu desain modern minimalis dengan kitchen set berwarna putih yang ramping. Meski ukurannya tidak besar, dapur ini terasa nyaman dan memiliki sirkulasi udara yang cukup. 

7. Nuansa Kayu 

Desain dengan dominasi nuansa kayu, efektif memberikan kesan nyaman, juga penuh kehangatan. Agar ruangan tak terlihat monoton atau membosankan, kamu dianjurkan untuk memadukan dengan warna lain. Misal putih dan hitam, serta memasang dekorasi unik seperti lukisan, lampu gantung, atau tanaman.

8. Menyatu dengan Taman 

Memasak dengan pemandangan taman adalah hal yang menyenangkan. Desain dapur terbuka tipe 36 memang bisa dibuat berdampingan dengan taman belakang rumah. Berhubung lahannya tidak terlalu luas, ada baiknya kamu membuat dapur dengan desain vertikal atau horizontal. Namun, ada hal yang perlu dipertimbangkan, seperti menghindari desain berbentuk L atau U karena bisa membuat ruangan terasa lebih sempit.

Desain ini hanya memiliki satu dinding yang digunakan untuk memasang kitchen set. Oleh karena itu, pertimbangan selanjutnya adalah memilih keramik yang tidak licin untuk musim hujan.

9. Menyatu dengan Ruang Makan


Tidak hanya dengan taman, desain dapur terbuka tipe 36 juga dapat menyatu dengan ruang makan. Desain dapur ini praktis, membuat kamu tidak perlu repot menyiapkan makanan di dapur dan menyajikannya di meja makan.

Umumnya, partisi akan dipakai sebagai pemisah antara dapur dengan ruangan lain. Tapi jika tidak ingin menggunakan partisi, kamu dapat  memasang tangga sehingga bagian dapur bisa dibuat lebih tinggi. Tentunya tata letak meja makan di area terbuka juga bisa membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. 

10. Nuansa Oranye 

Warna juga perlu dipertimbangkan. Untuk nuansa cerah yang bersemangat kamu dapat mencoba warna orange. Siasati juga keterbatasan ruang dengan mengkombinasikan orange dengan warna terang lainnya seperti putih.

Tidak hanya terasa lebih segar, warna-warna cerah ini juga membuat area memasak lebih luas dan nyaman. Terapkan marmer berwarna hitam yang mengkilap untuk membuat meja dapur terlihat lebih menawan. Sementara itu, kabinet di bawah meja bisa dicat warna putih sehingga membuat ruangan terlihat modern.

11. Nuansa Monokrom

Jika warna orange terlalu cerah untuk mata kamu, aplikasikan nuansa monokrom. Bagi pemilik rumah tipe 36 yang gemar dengan desain modern dan simpel mungkin monokrom adalah pilihan tepat. Dapur terbuka di desain modern minimalis dengan tema monokrom. Dapur terbuka untuk rumah tipe 36 akan terlihat cantik dengan kombinasi warna putih dan hitam.

Demikian rekomendasi desain dapur terbuka tipe 36 yang dapat kamu terapkan di rumah. Jangan sepelekan desain dapur karena merupakan bagian krusial dari proses membangun rumah. Prioritaskan desain yang membuat kamu nyaman berada di dapur. 

Kunjungi website kami untuk inspirasi rumah lainnya dan program KPR BTN Properti. Klik di sini!


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya