(0)



Rumah dengan konsep minimalis menjadi pilihan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Konsep rumah minimalis adalah konsep yang mengutamakan kesederhanaan dengan keindahan dan efisiensi rumah di baliknya. Bisa dari peralatan yang multifungsi, menghemat tempat, bahkan dari desain yang tidak mewah namun elegan.

Banyak negara-negara di luar sana yang sudah menerapkan konsep rumah minimalis ini di negara mereka, contohnya seperti Jepang, Skandinavia, Australia, dan masih banyak lagi. Tidak jarang beberapa konsep rumah di luar negeri dijadikan inspirasi dalam membangun rumah minimalis di Indonesia.

Desain rumah minimalis tidak semudah yang dibayangkan. Pemilihan desain, bahan interior rumah, warna, peralatan rumah, hingga hiasan rumah seperti keramik perlu diperhatikan.

Dengan pemilihan motif keramik lantai yang sesuai dapat membuat rumah minimalis menjadi semakin menarik atau semakin elegan. Namun, pemilihan motif atau bahan keramik yang salah dapat menyebabkan ketidakcocokan atau dapat membuat rumah minimalis kamu menjadi kurang menarik

Pemilihan keramik bisa disesuaikan dengan nuansa rumah minimalis yang diinginkan oleh pemilik rumah, kalau kamu masih ragu atau bingung mencari motif keramik yang cocok untuk rumah kamu, yuk disimak ulasan di bawah ini!

Key takeaways:

  • Pemilihan motif keramik lantai yang sesuai dapat membuat rumah minimalis menjadi semakin menarik atau semakin elegan. Namun, pemilihan motif atau bahan keramik yang salah dapat menyebabkan ketidakcocokan atau dapat membuat rumah minimalis menjadi kurang menarik
  • Motif keramik lantai yang elegan untuk rumah minimalis yaitu motif kayu, marmer, granit, parket, monokrom, batu alam, tanah liat, mozaik, teraso, hexagon, abstrak, bunga, dan polos.


13 Motif Keramik Lantai yang Elegan

1. Lantai Motif Kayu

Desain lantai kayu bisa menambah nuansa alam di dalam rumah dan bisa membawa rasa tenang. Selain itu, desain ini juga menambah kehangatan di dalam rumah. Namun ada hal yang perlu kamu perhatikan dalam merawat lantai kayu ini, yaitu melapisi lantai kayu ini dengan cairan pelapis kayu agar lantai rumah kamu dapat terhindar dari rayap.

2. Keramik Lantai Marmer


Desain berikutnya adalah keramik marmer. Desain keramik ini bisa menjadi pengisi lantai dengan nuansa rumah yang minimalis. Motif abstrak yang saling menyambung di lantai rumah, bisa menambah keindahan rumah. Namun bagi pecinta keramik marmer, diperlukan pertimbangan yang sangat besar karena keramik marmer ini memerlukan biaya yang cukup tinggi. Bagi kamu yang ingin membangun konsep rumah minimalis dengan tema serba putih, jenis keramik ini bisa dijadikan sebagai salah satu opsi. 

3. Keramik Lantai Granit

Hampir mirip dengan keramik granit yang memiliki motif, desain keramik granit juga cocok untuk kamu yang menyukai tema pantai karena keramik granit yang berwarna putih dengan hiasan motif titik-titik hitam, membuat desain ini mirip dengan pasir pantai. Pemilihan keramik granit dapat membawa kesan yang modern di dalam rumah kamu.

4. Keramik Lantai Parket


Hampir mirip dengan keramik berdesain kayu, desain lantai parket ini dapat menjadi pilihan kamu jika menyukai nuansa alam. Hal yang membedakan desain keramik ini dengan kayu adalah desain ini menyediakan lebih banyak motif yang elegan dengan nuansa kayu, dan permukaannya yang lebih halus dibanding keramik kayu. Untuk kamu yang ingin rumah minimalis bernuansa alam tapi tidak ingin perawatan yang rumit, pilihan keramik ini dapat dijadikan pilihan.

5. Keramik Lantai Monokrom

Desain keramik lantai dengan motif monokrom, cocok bagi kamu yang ingin rumah minimalis dengan konsep hitam dan putih. Selain menambah kesan hitam putih yang elegan di dalam rumah, warna monokrom juga sangat cocok dipadukan dengan beragam warna ruangan dan berbagai jenis perabotan. Sehingga, bagi kamu penyuka sesuatu yang simple, keramik dengan warna monokrom ini adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Jenis-Jenis Keramik Lantai yang Cocok untuk Rumah Minimalis

6. Keramik Lantai Batu Alam

Tidak hanya bermotif kayu, motif keramik batu alam juga bisa dijadikan salah satu opsi bagi kamu yang menyukai konsep alam. Lantai dengan permukaan yang cukup kasar dan tidak licin ini cocok ditempatkan di kamar mandi atau dapur agar tidak mudah tergelincir saat melakukan aktivitas di rumah. 

7. Keramik Lantai Tanah Liat

Ingin membuat rumah minimalis dengan gaya tradisional seperti pedesaan? Desain lantai keramik berwarna tanah liat ini, cocok untuk kamu yang ingin rumah minimalisnya bernuansa pedesaan. Motif lantai ini bisa ditempatkan di depan rumah atau di halaman rumah. Keramik dengan motif ini juga cukup mudah dicari di Indonesia karena cukup simpel dan harganya yang tidak terlalu mahal.

8. Keramik Lantai Mozaik


Desain lantai keramik ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menyukai motif yang beragam. Biasanya, pemilihan motif keramik dipadukan dengan pola yang berbeda-beda sehingga menimbulkan keunikan tersendiri. Untuk pemilihan motif dapat disesuaikan dengan selera. 

Keramik lantai mozaik banyak ditemukan pada rumah minimalis dengan gaya timur tengah. Namun, tidak sedikit orang juga yang memilih menggunakan keramik lantai mozaik pada ruang tamunya untuk menampilkan kesan rumah yang unik kepada setiap tamu yang datang. 

Baca juga: Inspirasi Model Keramik Dapur Minimalis yang Cocok untuk Rumahmu

9. Keramik Lantai Teraso

Salah satu motif keramik yang terkenal dengan tema klasik yaitu keramik lantai teraso. Bagi kamu pecinta unsur klasik, motif ini cocok menjadi pilihan kamu untuk digunakan di lantai rumah. Desain ini juga cukup banyak motifnya dan mengandung unsur yang estetik juga. 

10. Keramik Lantai Hexagon


Motif keramik hexagon bisa menambah rumah minimalis semakin terlihat modern. Model hexagon ini, bisa menyesuaikan dengan banyak tema yang kamu inginkan karena motif ini cukup banyak ragamnya. Tidak hanya itu, pilihan motif hexagon ini juga tergolong anti mainstream loh, karena masih  jarang yang menggunakannya. Jika ingin tampil beda namun tetap modern, motif lantai ini bisa dijadikan salah satu opsi!

11. Keramik Lantai Abstrak

Gaya abstrak cukup diminati oleh kalangan anak muda saat ini. Selain karena motifnya yang beragam, model abstrak ini juga menambah kesan estetik. Penggunaan keramik lantai dengan motif abstrak ini dapat menampilkan kesan yang estetik walaupun dalam rumah minimalis. Bagi kamu yang suka dengan seni abstrak, motif ini cocok untuk kamu!

12. Keramik Lantai Bunga


Siapa yang menyukai motif bunga baik pada aksesoris maupun perlengkapan rumah? Biasanya motif bunga banyak diminati oleh para wanita. Namun, tahukah kamu bahwa selain motif bunga bisa dijadikan pilihan untuk menghiasi lantai kamar, keramik dengan motif bunga juga dapat ditempatkan pada lantai halaman rumah. Dengan menempatkan motif bunga pada halaman depan, tampilan rumah akan terlihat semakin elegan.

Baca juga: 6 Tips Memilih Keramik untuk Dinding Dapur yang Elegan

13. Keramik Lantai Polos

Jenis keramik rumah minimalis yang terakhir adalah lantai keramik motif polos. Mungkin bagi beberapa orang terlihat biasa saja, namun dengan warna polos justru bisa menonjolkan tampilan peralatan maupun furnitur di rumah minimalis. Selain itu, warna polos juga bisa menguatkan nuansa minimalis di rumah kamu, dan dapat dipadukan dengan warna ruangan apapun sesuai dengan selera masing-masing. 

Itu dia beberapa pilihan keramik yang dapat digunakan untuk rumah minimalis agar terlihat lebih elegan. Namun, akan lebih baik jika kamu juga harus memperhatikan ornamen dan hiasan rumah lainnya agar tampak semakin senada, seperti warna cat dinding, furnitur, hingga perlengkapan kecil rumah lainnya yang sering kali dilupakan. 

Kunjungi website BTN Properti untuk inspirasi rumah lainnya dan program KPR BTN Properti.


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya