(0)



KOMPAS.com - Pernahkah Anda bekerja di kantor yang rasanya tidak benar? Pernahkah Anda merasakan suasana kantor Anda berbenturan dengan kepribadian? Atau pernahkah Anda merasa tidak produktif saat berada di kantor?

Jika hal tersebut terjadi, penyebabnya bisa jadi karena warna ruang kerja di kantor.

Melansir Forbes, penelitian menunjukkan warna tidak hanya mengubah suasana hati kita, tetapi benar-benar dapat memengaruhi tingkat produktivitas.

Hal ini dikatakan oleh Lasse Karvinen, kepala produk di Framery, sebuah perusahaan Finlandia yang merancang dan membuat "pod" kerja untuk kantor ruang dengan konsep terbuka.

“Inilah mengapa pengusaha menjadi lebih penuh perhatian, bukan hanya desain tempat kerja secara keseluruhan, tetapi secara khusus cara ruang dilengkapi untuk mendukung efisiensi karyawan serta kebahagiaan,” ujar Karvinen.

Menurut Ben Hamley dari JLL Asia Pacific, otak manusia terhubung untuk memproses cahaya sebagai indikator waktu, dan sebagai barometer untuk mengetahui seberapa fokus atau santai kita.

Dia memprediksi, tempat, desain, warna dan pencahayaan adalah faktor penting dalam menciptakan tempat kerja di masa depan.

"Orang-orang cenderung percaya bahwa merah dan oranye adalah warna yang lebih merangsang, memprovokasi kondisi emosional yang kuat, sementara mereka percaya biru dan hijau lebih santai," katanya.

Meski biru dianggap sebagai warna yang lebih santai, tetapi cahaya yang dipantulkan warna biru sebenarnya lebih baik dalam membuat orang merasa lebih berenergi, atau setidaknya kurang mengantuk.

Hal ini terjadi karena warna biru menekan produksi melatonin alami tubuh, hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian manusia atau bisa dikatakan pola yang menentukan kapan kita secara alami bangun dan tidur.

Selain biru, warna hijau juga dapat meningkatkan produktivitas di ruang kerja. Karvinen mengatakan, warna hijau sangat populer untuk diterapkan di ruang kerja pada tahun lalu.

Baru-baru ini, pendekatan ke tempat kerja telah bergeser. Pengusaha lebih memilih untuk membuat kantor lebih tenang dan lebih menyenangkan.

Mereka sekarang mengundang tempat-tempat yang dalam beberapa kasus secara khusus selaras dengan pencitraan merek.

"Setahu saya, hijau dikatakan menciptakan tingkat kewaspadaan dan sering dimasukkan ke dalam ruang perawatan kesehatan karena alasan ini," ujar Karvinen.

Meski warna-warna itu dianggap dapat memengaruhi produktivitas, namun warna netral seperti krem dan abu-abu muda diperkirakan akan terus eksis di tempat kerja modern.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya