(0)



Seperti yang sudah disebutkan pada artikel-artikel sebelumnya, ada banyak elemen penting yang membangun sebuah rumah agar dapat menjadi hunian yang lengkap dan nyaman ditinggali. Salah satu elemen tersebut adalah pagar.

Pagar merupakan elemen yang berfungsi dalam menjaga keamanan rumah. Di samping itu, pagar juga memegang peran agar rumah memiliki kesan pertama yang baik. Tampilan pagar yang cantik dan estetik tentu akan memberikan rumah kesan yang cantik pula. Oleh karena itu, pagar menjadi salah satu elemen yang perlu diperhatikan nilai estetikanya.

Pada masa kini, sudah ada banyak model pagar yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan rumah. Salah satu model pagar yang cukup terkenal adalah pagar rumah setengah tembok. Penggunaan pagar rumah setengah tembok ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal di cluster perumahan yang memiliki sistem keamanan 24 jam.

Ingin menerapkan pagar rumah setengah tembok untuk hunian minimalismu? Agar kamu tidak bingung memilih model pagar rumah setengah tembok seperti apa yang cocok bagi rumah kamu, simak artikel ini untuk mendapat inspirasi berbagai jenis desain pagar rumah setengah tembok yang cocok untuk rumah minimalis.

Key Takeaways:

  • Pada masa kini, sudah ada banyak model pagar yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan rumah, salah satunya pagar rumah setengah tembok.
  • Penggunaan pagar rumah setengah tembok ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal di cluster perumahan yang memiliki sistem keamanan 24 jam.
  • Ada berbagai desain pagar rumah setengah tembok yang dapat diaplikasikan untuk hunian minimalismu, antara lain desain natural, desain pagar industrial, kombinasi antara tembok dan kayu balok, kombinasi tembok beton dan plat besi terukir, tembok dengan wrought iron berukir, kombinasi beton dan komposit, pagar rumah setengah tembok serba putih, pagar rumah setengah tembok serba hitam, kombinasi tembok dan batu alam, tembok batu bata, dan pagar rumah setengah tembok beton cetak dan plat kayu.

Inspirasi Desain Pagar Rumah Setengah Tembok

Berikut adalah sejumlah inspirasi desain pagar rumah setengah tembok yang dapat kamu aplikasikan ke rumah minimalismu.

1. Desain Pagar Natural

Kombinasi antara pagar tembok beton dengan kayu dapat memberikan kesan yang natural dan modern minimalis. Perpaduan antara kedua material ini akan memberikan pagar yang elegan dan kokoh. Agar tidak terlihat monoton, kamu dapat memilih aksen kayu dengan pola garis atau bentuk geometri sesuai dengan selera.

Untuk menghadirkan kesan natural, kamu dapat menambahkan sedikit aksen hijau dari tanaman dan juga batu alam templek pada desain pagar setengah tembok. Di samping kesan natural, penambahan kedua material ini akan memberikan kesan sejuk bagi rumah.

2. Desain Pagar Industrial

Desain pagar rumah setengah tembok yang satu ini memiliki citra yang kokoh dan modern. Dengan mengusung tema industrial, kamu dapat membuat pagar rumah setengah tembok dengan bahan beton cor tebal. Untuk meningkatkan kesan industrialis yang kasar, kamu cukup melakukan plester halus pada beton tanpa menggunakan polesan cat. Hal ini akan membuat gaya industrialis terlihat lebih jelas. Agar tampilan pagar lebih modern dan tidak monoton, kamu dapat memadukan pagar beton ini dengan plat kayu tanpa cat, sehingga pagar akan terlihat sederhana sekaligus modern.

3. Desain Pagar dan Kayu Balok

Meskipun terkesan kasar dan kurang indah, ternyata kayu balok dapat dipadukan dengan tembok beton untuk menciptakan pagar yang sederhana nan cantik. Desain pagar rumah setengah tembok ini cocok bagi kamu yang ingin membangun pagar dengan anggaran yang terbatas. Kayu balok dengan warnanya yang alami dapat disusun secara mendatar dengan menyisakan sela untuk memungkinkan udara masuk ke rumah. Oleh karena itu, dengan menerapkan desain pagar rumah setengah tembok dan kayu balok akan menciptakan pagar yang kokoh, minimalis, dan sejuk.


image source: 22lasers.com

4. Desain Pagar Beton dan Plat Besi Terukir

Bosan dengan desain pagar yang rapat dan monoton? Kamu dapat mengaplikasikan plat besi terukir pada rumah setengah tembok agar terlihat lebih cantik dan menyenangkan. Gunakan warna monokrom terang, seperti abu-abu, lalu padukan dengan desain geometri dan plat besi berwarna putih dengan ukiran agar pagar menjadi tidak membosankan.

Ukiran pada plat besi dapat kamu peroleh melalui proses laser cutting. Plat besi yang di-laser cutting akan menghasilkan besi dengan ukiran yang halus dan rapi. Pilihlah ukiran yang kamu sukai, mulai dari floral, geometri, dan lain-lain. Laser cutting dapat membuat ukiran dari desain yang rumit, kecil, dan banyak sekalipun. Selain itu, metode ini juga dapat diaplikasikan untuk kayu, bahan plastik, kain, dan berbagai jenis logam.

Baca juga: Temukan Ide Pagar Beton Minimalis untuk Rumah Impian Kamu

5. Desain Pagar dengan Wrought Iron Berukir

Desain pagar yang satu ini umumnya khas dengan desain perumahan belahan dunia bagian barat. Pagar depan rumah yang pendek didesain dengan menarik menggunakan perpaduan antara beton pendek di bagian bawah dan jeruji wrought iron di atas beton. Wrought iron dengan ukiran motif floral yang sederhana. Untuk jenis pagar ini, kamu dapat menggunakan besi berwarna hitam dan beton berwarna netral, misalnya putih atau krem.


image source: 22lasers.com

6. Desain Pagar Beton dan Komposit

Komposit merupakan kayu tiruan dari bahan sintetis yang memiliki tekstur dan warna alami. Bahan komposit ini bisa dipadukan dengan beton untuk menciptakan pagar rumah setengah tembok yang estetik dan minimalis. Jika kamu ingin menggunakan kayu asli, kamu dapat memilih berbagai jenis kayu untuk dipadukan dengan tembok beton, mulai dari jati, pinus, dan mahoni.

7. Desain Pagar Serba Putih

Tidak hanya pada interior ataupun cat rumah, warna putih cukup dimintai untuk digunakan pada seluruh jenis elemen yang ada di rumah. Hal ini juga berlaku bagi pagar rumah setengah tembok. Pagar setengah tembok yang serba putih akan memberikan rumah kesan yang rapi dan bersih.

Warna putih sendiri selain identik dengan kesan bersih ternyata juga terkenal akan kesan elegan. Namun sayangnya, warna putih mudah kotor sehingga memerlukan perawatan yang lebih intensif dibanding desain lainnya. Salah satu solusi yang dapat kamu terapkan adalah dengan menambahkan tanaman hijau rambat dan membersihkan pagar secara rutin.

8. Desain Pagar Serba Hitam

Di samping warna putih, warna hitam juga tidak kalah diminatinya untuk digunakan pada berbagai elemen properti. Pagar rumah setengah tembok serba hitam akan memberikan kesan elegan dan eksklusif bagi rumah. Desain ini cocok untuk diaplikasikan pada berbagai tema rumah, baik industrial, minimalis, maupun mewah. Untuk membuat rumah lebih indah, kamu dapat menambahkan lampu pijar yang akan mempercantik tampilan rumah di malam hari.


image source: pinterest/gilang hastomo

9. Desain Pagar Batu Bata

Desain pagar dengan tembok batu bata adalah salah satu desain klasik yang tidak pernah ketinggalan zaman. Konsep unfinished dari material batu bata cocok diterapkan pada rumah industrial. Selain itu, desain ini juga akan memberikan kesan rumah yang lebih nyaman dan homey. Tidak hanya tampilannya yang cantik, namun desain ini juga memiliki beberapa keuntungan lainnya, antara lain bahan yang kokoh, dan biaya pembuatan serta perawatan yang lebih hemat.

10. Desain Pagar Batu Alam

Desain pagar rumah setengah tembok berikutnya adalah pagar tembok dan dengan tambahan batu alam. Batu alam sendiri terkenal akan bentuknya yang unik dengan motif-motif alami yang dimiliki oleh masing-masing potongan batu yang unik. Ada berbagai jenis batuan alam yang dapat kamu pilih sebagai bahan tambahan untuk pagarmu. Perpaduan antara warna beton dan batu alam yang netral akan memberikan rumah kesan yang alami, minimalis, dan elegan.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa bahan batu alam memiliki kekurangan, yaitu lumut mudah tumbuh pada permukaan batu alam. Hal ini diperparah dengan penggunaannya di area outdoor yang bisa terpapar air hujan. Untuk itu, pastikan untuk merawat pagar secara rutin dengan menyikat atau membersihkan tembok secara berkala agar pagar tetap cantik dan enak dilihat.

11. Desain Pagar Beton Cetak dan Plat Kayu

Perpaduan antara plat kayu tanpa tambahan cat dengan beton cetak berwarna coklat kopi akan memberikan tampilan alami dan sederhana. Warna alami plat kayu yang senada dengan beton cetak coklat akan membuat rumah tampak lebih indah. Plat kayu yang tidak dipasang dengan terlalu rapat akan memberikan privasi serta sirkulasi udara yang dapat masuk ke rumah melalui sela ukirannya.

Di samping itu, kamu dapat melapisi kayu dengan vernis agar kayu lebih kuat dan tahan lama. Untuk mempercantik halaman dan pagar, tambahkan taman mungil di depan rumah, sehingga rumah terlihat lebih asri dan segar.

Baca juga: Rekomendasi Varian Pagar Tembok untuk Rumah Impian Kamu


Kesimpulan

Itu dia sejumlah inspirasi desain pagar rumah setengah tembok yang bisa kamu aplikasikan ke rumah minimalis. Ingatlah untuk senantiasa mengutamakan keamanan saat mendesain pagar. Pagar rumah setengah tembok cocok bagi rumah yang memiliki sistem keamanan 24 jam, seperti rumah di cluster.

Ingin memperoleh informasi terkait properti lainnya? Kunjungi website kami untuk melihat informasi bermanfaat seputar properti.


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya