(0)



Mendekorasi ruangan menggunakan tanaman hias bisa menjadi pilihan untuk membuat ruangan terasa lebih hidup dan menyegarkan. Selain itu, tanaman hias juga menambah keindahan visual bagi ruangan. Salah satu elemen penting dari tanaman hias adalah pot yang digunakan sebagai wadah untuk tanaman tersebut tumbuh. Pot tanaman hias bukan hanya sekedar wadah bagi tanaman untuk tumbuh, namun juga turut andil dalam menambah estetika ruangan.

Pot tanaman hias tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna sehingga kamu dapat dengan leluasa memilih desain pot yang cocok dengan gaya ruangan. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai jenis pot tanaman hias yang estetik juga fungsional yang akan menambah estetika rumah kamu dengan pilihan konsep terbaru.

Key Takeaways:

  • Selain digunakan sebagai wadah untuk tanaman tumbuh, pot tanaman hias juga berfungsi untuk menambah nilai estetika suatu ruangan dengan tampilannya yang menarik.
  • Tersedia berbagai macam jenis pot yang bisa dipilih. Mulai yang terbuat dari plastik, tanah liat, beton, kayu, porselen, ataupun yang berbentuk geometris hingga model gantung.

7 Rekomendasi Pot untuk Tanaman Hias


1. Pot Tanaman Geometris

Pot tanaman hias dengan bentuk geometris merupakan pilihan populer yang digunakan untuk memberikan sentuhan modern serta kontemporer pada dekorasi rumah. Bentuk segitiga, kubus, segi empat dengan bahan pot dari logam atau beton akan memberikan kesan ruangan yang elegan.

2. Pot Plastik

Pot plastik sering kali digunakan karena memiliki harga yang terjangkau. Pot plastik juga tersedia di berbagai toko offline maupun online sehingga mudah untuk didapatkan. Kelebihan lain pot plastik yaitu tahan lama dan tahan retak bahkan jika terjatuh. Pilihan warna yang beragam pun bisa kamu sesuaikan dengan tema dekorasi ruangan. Walaupun jenis pot plastik sudah sering digunakan oleh banyak orang, namun keberadaannya seakan tidak akan habis dimakan waktu. Desain sederhana dan pilihan warna netral seperti putih akan cocok untuk konsep dekorasi minimalis.

3. Pot Gantung

Jenis pot yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menghemat ruangan namun tetap ingin mendekorasi rumah dengan tanaman hias gantung. Susunan pot gantung yang bervariasi akan menjadi dekorasi ruangan yang menarik. Bentuk dari pot gantung ini pun tersedia dengan berbagai model, seperti berbentuk keranjang, bulat, atau keramik yang membuat tampilan pot menjadi lebih elegan.

4. Pot Kayu

Pot dengan bahan asal kayu cenderung sering dipilih oleh masyarakat karena mudah didapat serta dibandrol dengan harga yang murah. Pot berbahan kayu ini tersedia dengan berbagai ukuran dan pilihan jenis kayu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dekorasi rumah. Jenis kayu yang umum digunakan antara lain pinus, cemara, atau kayu merah. Namun, perlu diingat bahwa pot dengan bahan kayu dapat rusak dimakan oleh rayap. Oleh karena itu, penempatan pot perlu diperhatikan.


5. Pot Tanah Liat

Sama halnya dengan penggunaan pot plastik, pot berbahan tanah liat pun sering dipilih sebagai wadah tanaman hias. Jenis pot ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, bahkan kamu bisa menambahkan ukiran sendiri yang akan menambah nilai estetika ruangan. Pot berbahan tanah liat ini memiliki keuntungan seperti membuat air dapat meresap dengan baik serta sirkulasi udara yang bagus sehingga jenis pot ini cocok digunakan untuk tanaman hias apapun.

6. Pot Porselen

Jenis pot yang satu ini cocok untuk kamu yang senang dengan konsep dekorasi yang terlihat mewah dan elegan. Pot porselen hadir dengan berbagai bentuk, warna, dan pola yang menarik. Dengan permukaan yang halus serta mengkilap akan menambah keindahan dari tampilan tanaman hias. Namun, ternyata tidak semua tanaman hias dapat diletakkan pada jenis pot porselen ini. Harga dari pot ini pun cukup mahal dan harus berhati-hati dalam menggunakannya karena pot porselen mudah pecah.

7. Pot Beton

Jika bosan dengan pot yang berbahan plastik atau tanah liat, jenis pot yang satu ini mungkin bisa dijadikan referensi tambahan dalam mendekorasi ruangan. Pot berbahan beton memiliki permukaan yang polos tanpa pelapis dan material semen menjadi fokus utamanya. Pot beton bisa digunakan jika ingin membuat suasana yang minimalis dan industrial pada ruangan. Selain itu, pot beton juga akan tahan dengan perubahan cuaca yang ekstrim serta memiliki stabilitas yang bagus sehingga tidak mudah terbalik atau jatuh.

Baca juga: Merawat Tanaman Hias Air: Panduan Lengkap

 

Wujudkan Rumah Impian dengan KPR BTN

Demikian inspirasi pot untuk tanaman hias yang dapat digunakan sebagai dekorasi rumahmu. Ingatlah untuk menyesuaikan jenis pot yang dipilih dengan dekorasi rumah agar senada. Ingin memperoleh informasi atau tips bermanfaat lainnya seputar property dan dekorasi? Cek website BTN Properti di mana kamu bisa menemukan berbagai informasi seputar properti dan dekorasi lainnya yang bermanfaat.


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya