(0)



Program Inklusi Keuangan - Ayo ke Bank
Program Promo | 16 Oktober 2018
The Consultative Group to Assist the Poor (CGAP-GPFI) mendefinisikan inklusif keuangan adalah suatu kondisi dimana semua orang berusia kerja mampu mendapatkan akses yang efektif terhadap kredit, tabungan, sistem pembayaran dan asuransi dari seluruh penyedia layanan finansial. Akses yang efektif juga termasuk layanan yang nyaman dan bertanggung jawab, pada harga yang terjangkau untuk masyarakat dan berkelanjutan untuk penyedia. Diharapkan pada akhirnya, masyarakat dapat memanfaatkan layanan finansial yang formal daripada layanan finansial yang informal.

Bank Indonesia (BI) membuat sebuah kebijakan untuk meningkatkan inklusif finansial yang disebut dengan : kebijakan keuangan inklusif. Kebijakan tersebut berbentuk pendalaman layanan keuangan (financial service deepening) yang menyasar orang-orang kelas menengah bawah. Jadi layanan keuangan di Indonesia tidak hanya untuk kelas menengah atas, tetapi juga kelas menengah bawah. Setiap Warga Negara Indonesia berhak untuk mendapatkan kemudahan akses terhadap produk finansial. Bank Indonesia memiliki sebuah indeks yang bertujuan untuk mengukur tingkat inklusif keuangan yang disebut degan IKI – Indeks Inklusif Keuangan. IKI terdiri dari tiga variabel utama yaitu : akses (access), penggunaan (usage) dan kualitas (quality).

Dilansir dari website resmi Bank Indonesia, kondisi inklusif keuangan  diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
  1. Meningkatkan efisiensi ekonomi.
  2. Mendukung stabilitas sistem keuangan.
  3. Mengurangi shadow bankingatau irresponsible finance.
  4. Mendukung pendalaman pasar keuangan.
  5. Memberikan potensi pasar baru bagi perbankan.
  6. Mendukung peningkatan Human Development Index(HDI) Indonesia.
  7. Berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional yang sustain dan berkelanjutan.
  8. Mengurangi kesenjangan (inequality) dan rigiditas low income trap, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya berujung pada penurunan tingkat kemiskinan

Strategi yang digunakan oleh Bank Indonesia untuk meningkatkan keuangan inklusif adalah SNKI – Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang terdiri dari 6 pilar. Keenam pilar tersebut adalah:
Edukasi Keuangan : memberikan pengetahuan dan kesadaran tentang ragam produk dan jasa keuangan, pengetahuan dan kesadaran tentang risiko terkait dengan produk keuangan, perlindungan nasabah dan keterampilan mengelola keuangan.
Fasilitas Keuangan Publik : memberikan subsidi dan bantuan nasional, pemverdayaan masyarakat dan pemberdayaan UMKM.
Pemetaan Informasi Keuangan : pemetaan dilakukan dengan meningkatkan kapasitas, sistem jaminan alternatif, penyediaan layanan kredit yang lebih sederhana dan identifikasi nasabah potensial.
Kebijakan / Peraturan yang Mendukung : membuat kebijakan mendorong sosialisasi produk jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menyusun skema produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mendorong perubahan ketentuan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian secara proporsional, menyusun peraturan mekanisme penyaluran dana bantuan melalui perbankan, memperkuat landasan hukum untuk meningkatkan perlindungan konsumen jasa keuangan dan menyusun kajian yang berkaitan dengan keuangan inklusif untuk menentukan arah kebijakan secara berkelanjutan.
Fasilitas Intermediasi & Saluran Distribusi dengan memfasilitasi forum intermediasi dengan mempertemukan lembaga keuangan dengan kelompok masyarakat produktif (layak dan unbanked) untuk mengatasi masalah informasi yang asimetris, peningkatan kerjasama antar lembaga keuangan untuk meningkatkan skala usaha, dan eksplorasi berbagai kemungkinan produk, layanan, jasa dan saluran distribusi inovatif dengan tetap memberikan perhatian pada prinsip kehati-hatian.
Perlindungan Konsumen dengan melakukan transparansi produk, penanganan keluhan nasabah, mediasi, dan edukasi konsumen.

Mengapa Anda Perlu Literasi Keuangan

Literasi keuangan (financial literacy) adalah hal penting yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Seseorang dengan literasi keuangan yang baik (well literate), akan mampu melihat uang dengan sudut pandang yang berbeda dan memiliki kendali atas kondisi keuangannya. Orang tersebut akan tahu apa yang harus dilakukan dengan uang yang sedang dimiliki, akan dimiliki dan bagaimana cara memanfaatkan uang agar dirinya tidak diperbudak oleh uang.

Sumber : finansialku.com

Baca Artikel Terkait
Program Promo | 1 Juli 2024
kredit BTN MLT BPJS Ketenagakerjaan
Manfaat layanan tambahan untuk KPR, PUMP, dan PRP untuk seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan.Periode     : akad hingga 30 September 2024Manfaat    :Bebas biaya provisiBebas biaya administrasiFasilitas KreditKredit pemilikan rumah atau apartemen (KPR/KPA) untuk kepemilikan hunian pertamaPinjaman uang muka perumahan (PUMP) yang wajib bundling dengan fasilitas KPR/KPAPinjaman renovasi perumahan (PRP) Suku BungaBaca Selengkapnya
Program Promo | 13 Mei 2024
KAR BTN Ultimate
KAR BTN Ultimate untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, seperti traveling, renovasi rumah, beli kendaraan, pendidikan, dan lain sebagainya. Berlaku untuk debitur eksisting terpilih BTN.Periode hingga 31 Oktober 2024.Syarat dan Ketentuan:Debitur eksisting terpilih dengan penawaran melalui telesales, WhatsApp blast, dan Kantor Cabang BTNBerlaku untuk debitur fixed incomeJangka waktu maksimal 10 tahunJangka waktuBaca Selengkapnya
Program Promo | 8 Mei 2024
Program KAR BTN Pendidikan
Program KAR BTN Pendidikan untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan.Berlaku bagi    : Debitur baru dan eksistingPeriode            : Berlaku hingga 31 Juli 2024Syarat dan Ketentuan : Debitur baru adalah debitur yang belum pernah memiliki riwayat kredit di BTN.Debitur eksisting adalah debitur yang pernah memiliki riwayat kredit di BTN,Baca Selengkapnya