(0)



Pada saat kita hendak membeli rumah, tidak jarang kita mendengarkan berbagai istilah dalam dunia properti yang terkadang membuat kita kebingungan. Istilah-istilah tersebut digunakan oleh pengembang perumahan untuk menjelaskan jenis maupun tipe rumah yang ada di perumahan tersebut.

Salah satu istilah yang sering kita temui dalam dunia perumahan adalah rumah hook. Seringkali pada saat hendak membeli rumah, pengembang perumahan menawarkan rumah hook kepada calon pembelinya.

Upaya pengembang perumahan dalam menawarkan rumah hook sendiri bukan tanpa alasan. Rumah hook seringkali ditawarkan karena memiliki fitur yang berbeda dibandingkan rumah lain di perumahan. Selain itu, rumah hook juga memiliki konfigurasi lahan yang berbeda dibandingkan dengan rumah lainnya.

Rumah hook memiliki beberapa kelebihan. Tidak heran ada orang yang secara khusus mengincar rumah hook. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah hook, ada baiknya untuk mengetahui lebih dalam tentang rumah hook terlebih dahulu.


Apa Itu Rumah Hook

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang rumah hook, ada baiknya bagi kamu untuk memahami pengertian rumah hook agar makin paham dengan istilah ini. Istilah 'hook' pada rumah hook diambil dari bahasa Belanda 'hoek' yang berarti berada di pojok atau sudut. Pada dasarnya, rumah hook adalah sebuah rumah yang terletak di ujung atau sudut kompleks perumahan serta memiliki dua sudut yang terbuka dengan jalan atau lahan.

Tidak jarang, rumah hook bisa mendapatkan akses matahari secara langsung tanpa terhalangi rumah lain. Tidak hanya itu, rumah hook juga terkadang menawarkan privasi yang lebih baik dibandingkan rumah lainnya karena hanya ada satu rumah yang berdampingan dengan rumah hook.

Baca juga: Kenali Konsep Desain Rumah Asri di Tengah Perkotaan!


Kelebihan Rumah Hook

Dari pengertian tersebut, secara sekilas tentu rumah hook terlihat menarik. Selain itu, masih ada fitur-fitur lain yang menjadi kelebihan dari rumah hook. Apa saja sih kelebihan dari rumah hook? Yuk kita simak!

1. Lahan yang Lebih Luas dan Bisa Dimanfaatkan

Sebagai rumah yang terletak pojok atau ujung perumahan, salah satu keuntungan utama yang bisa didapatkan dari memiliki rumah hook adalah lahan yang lebih luas. Desain rumah hook memungkinkan bagi rumah tersebut untuk memiliki dua bidang lahan di depan dan samping rumah, ditambah dengan lahan belakang rumah jika memungkinkan.

Luasnya lahan yang dimiliki oleh rumah hook tentu menjadi keuntungan yang sangat besar. Kamu bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk beragam kebutuhan, seperti carport tambahan, taman dengan luas yang lebih besar, atau bahkan untuk kebutuhan lainnya.

Sebelum kamu memanfaatkan lahan pada rumah hook tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ketua RT setempat atau pengembang terkait pemanfaatan lahan tambahan. Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi konflik antar tetangga atau kesalahpahaman yang terjadi akibat lahan tersebut.

2. Ukuran Rumah Lebih Besar

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari memiliki rumah hook adalah ukuran rumah yang lebih luas. Pada dasarnya, skema konfigurasi lahan untuk rumah hook berbeda dengan rumah lainnya sehingga rumah hook bisa memanfaatkan lahan yang ada seoptimal mungkin. Kelebihan rumah hook tersebut didukung dengan fleksibilitas desain rumah berkat lahan yang lebih luas, sehingga kamu bisa mendapatkan luas bangunan yang juga lebih besar.


3. Mudah untuk Direnovasi

Berkat lahan rumah hook yang lebih luas, kamu dapat memanfaatkan sisi terbuka tersebut untuk melakukan renovasi rumah, inilah yang menjadi kelebihan rumah hook. Dengan lahan yang lebih luas dan adanya tanah kosong di sisi terbuka rumah, kamu dapat dengan bebas merenovasi rumah atau memanfaatkan lahan tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan luas lahan dari rumah hook untuk membangun pagar untuk meningkatkan privasi rumahmu. Maka dari itu, kamu tidak perlu bersinggungan dengan tetangga dalam membangun pagar karena rumah hook sendiri memiliki sisi terbuka yang dapat dimanfaatkan.

4. Ideal untuk Membuka Tempat Usaha

Bagi kamu yang ingin memiliki bisnis, rumah hook bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Rumah sudut ini memiliki sisi yang terbuka dengan lahan cukup luas sehingga kamu bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Apabila kamu berniat ingin membuka usaha di rumah, memanfaatkan lahan pada sisi yang terbuka bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain dekat dengan tempat tinggal, rumah hook juga terletak strategis karena berada di persimpangan jalan.

Selain itu, rumah hook tentu dapat menghemat modal usahamu. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya dan harga yang lebih mahal untuk sewa tempat usaha, cukup dengan memanfaatkan sisi terbuka pada rumah hook dan kamu sudah memiliki tempat usaha sendiri.

5. Sirkulasi Udara Lebih Lancar

Selain dari sisi pemanfaatan lahan, rumah hook juga memiliki keuntungan lain. Salah satu keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari rumah hook adalah sirkulasi udara di rumah yang baik.

Pada rumah hook, udara tidak akan terhalangi rumah atau hambatan lainya untuk masuk ke rumahmu. Namun, kamu perlu memperhatikan debu jalanan yang ikut terbawa angin. Untuk mengatasi hal tersebut, Kamu bisa memberikan filter udara pada interior rumah hook yang kamu miliki untuk menyaring udara dari debu jalan yang ada sehingga udara rumah semakin bersih.

6. Nilai Investasi Lebih Tinggi

Kamu juga bisa memanfaatkan rumah hook sebagai investasi jangka panjang, rumah hook bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu. Desain rumah hook yang strategis membuat rumah hook memiliki nilai yang tinggi. Tentu ini menarik karena rumah hook dapat mendatangkan nilai investasi yang lebih baik dibandingkan saat pertama membelinya.

Baca juga: Desain Rumah Klasik Sederhana Sepanjang Masa


Kekurangan Rumah Hook

Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh rumah hook, ternyata rumah hook sendiri juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan saat ingin membelinya. Kira-kira apa saja ya kekurangan dari rumah hook? Yuk kita baca bersama!

1. Harga Rumah Hook Cukup Mahal

Berkat luas tanah dan fiturnya yang memiliki beragam keuntungan, tentu rumah hook memiliki harga yang lebih mahal dibanding rumah lain di perumahan tersebut. Desain rumah hook memiliki fitur yang tentunya tidak dimiliki oleh rumah lainnya. Melihat potensi tersebut, tentu pengembang akan memberikan harga yang lebih mahal bagi rumah tersebut.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu memikirkan biaya perawatan lahan sisi terbuka rumah hook. Apabila dibiarkan tidak terawat begitu saja, tentu lahan tersebut akan membuat biaya perawatan semakin besar dibandingkan rumah lainnya.

Sebelum membeli rumah hook, pastikan kamu sudah memikirkan dengan matang perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan demi rumah tersebut, mulai dari harga rumah hingga perawatannya. Tentu agar kamu tidak kaget dengan beragam biaya tidak terduga dari rumah hook.

2. Rawan Kecelakaan

Kekurangan rumah sudut lainnya adalah lokasinya yang rawan kecelakaan. Letaknya yang strategis di persimpangan jalan membuat rumah hook selalu dilewati kendaraan yang berlalu lalang. Tentu hal ini membuat kemungkinan rumah sudut jalan menjadi tempat kecelakaan juga lebih tinggi.

Jika kamu berniat untuk membeli rumah sudut atau rumah hook, sangat direkomendasikan untuk membangun pagar yang kuat agar setidaknya kecelakaan yang terjadi tidak berdampak langsung terhadap rumah kamu.

3. Keamanan Lebih Rendah

Salah satu kekurangan lain dan perlu diperhatikan jika ingin membeli rumah hook atau rumah sudut adalah tingkat keamanannya yang lebih rendah. Berbeda dengan rumah lainnya, rumah hook memiliki dua hingga tiga sisi yang terbuka karena lokasinya yang berada di sudut jalan

Rumah hook yang letaknya terlihat dari jalan akan menjadi sasaran utama dari aksi pencurian. Terlebih, pencuri bisa memanfaatkan akses melalui dua sisi yang terbuka pada rumah hook untuk membobol rumah. Oleh karena itu, terkadang pemilik rumah hook harus mengawasi dua titik sekaligus agar aman dari ancaman pencurian.

Direkomendasikan untuk memasang pagar yang cukup tinggi dan memasang CCTV untuk memastikan keamanan rumah hook. Tak lupa untuk memasang alarm pengaman di rumah agar kamu segera tahu jika terjadi pembobolan.

Baca juga: Ingin Punya Rumah Impian Minimalis? Simak Tips-Tips Berikut!

---

Berminat untuk memiliki rumah hook? Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumah dan program KPR dari Bank BTN. Klik link ini untuk menjelajahi website BTN Properti. 

 

 


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya