(0)




Taman menyediakan suasana yang berbeda di rumah. Kita bisa menikmati alam bebas tanpa harus pergi jauh. Selain itu, taman juga bisa dijadikan area terbuka untuk healing. Dengan adanya taman di rumah, kamu akan mendapatkan banyak manfaat plus membuat rumah lebih asri.

 

Tidak memiliki area halaman yang luas dan bingung mau mulai darimana? Jangan khawatir karena kamu bisa membuat taman minimalis yang cantik meskipun dengan lahan terbatas.

Apa itu Taman Minimalis?

Desain taman minimalis menggunakan prinsip estetika yang didasarkan pada perspektif “less is more”. Taman minimalis menggunakan elemen desain yang menyajikan penampilan santai yang elegan dan sederhana. Taman minimalis cocok untuk kamu yang memiliki gaya hidup simpel.

 

Sebelum memulai, perlu diingat bahwa taman minimalis adalah tentang efisiensi penggunaan lahan. Ini melibatkan penggunaan tanaman dan bahan dalam jumlah terbatas.

Keuntungan Mempunyai Taman Minimalis



Seperti halnya dengan dekorasi rumah, taman biasanya dapat dibuat menjadi minimalis dan sederhana. Berikut adalah beberapa manfaat dalam membuat taman minimalis.


1. Bisa memamerkan tanaman yang paling berharga

Jika kamu menyingkirkan semua tanaman hijau yang tidak terlalu penting, tanaman paling berharga yang kamu miliki punya kesempatan untuk bersinar. Misalnya, seseorang membelikan kamu bunga khusus, maka kamu bisa menanamnya di spot tersendiri.


2. Perawatan yang lebih mudah

Seperti halnya ruang dalam kamar minimalis, merawat taman minimalis tidak menyita banyak waktu dan tidak banyak ornamen yang perlu kamu rawat. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, taman minimalis adalah solusi yang sempurna karena kamu tidak perlu perawatan khusus untuk tanamanmu.

Memiliki lebih sedikit barang berarti kamu bisa lebih fokus kepada hal-hal yang jelas terlihat. Misalnya, biasa kamu banyak merapikan tanaman, kini kamu hanya melihat adanya yang sudah terlalu rimbun dan perlu dipangkas.


3. Risiko lebih rendah

Semakin banyak barang yang kamu miliki di ruang mana pun, di dalam atau di luar ruangan, semakin besar risiko kecelakaan terjadi. Terlalu banyak pot dan ornamen bisa berbahaya karena kamu akan mudah tersandung dan bisa mengundang serangga. Taman minimalis umumnya memiliki jumlah tanaman yang lebih sedikit. Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi risiko hal yang tidak diinginkan.


4. Membuat rumah terasa lebih luas

Terkadang terlalu banyak benda di rumah membuat kita terasa sempit. Dengan adanya taman minimalis, rumah jadi memiliki bagian yang membuatnya terasa lebih luas. Kamu juga bisa mempunyai ruangan tersendiri ketika ingin “lari” dari rasa pengap dan stres.

 

18 Inspirasi Taman Minimalis untuk Rumah

Berikut adalah beberapa ide dan desain yang menakjubkan dan kreatif untuk menginspirasi rencana taman minimalis kamu.


1. Taman Vertikal

Jika sisa lahan di rumah tidak begitu luas, kamu bisa membuat taman minimalis vertikal. Kamu dapat membuat taman menggunakan dinding di bagian belakang atau depan rumah.

Dengan menggunakan rak yang ditempel di dinding, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman favorit di sana.  Selain itu, kamu juga bisa menyediakan kursi dan meja untuk bersantai atau ngopi di pagi hari.


2. Taman Model Klasik

Taman minimalis dengan konsep klasik merupakan taman yang cukup populer. Jika memiliki sisa lahan yang cukup, kamu bisa menggunakan konsep ini. Taman ini biasanya memiliki pohon-pohon dan rumput gajah. Tidak hanya bisa dibuat di halaman belakang, kamu juga bisa membuat taman dengan konsep ini di teras rumah.

Selain itu, konsep klasik juga biasanya memudahkan anak-anak bermain karena tempatnya yang cukup luas.


3. Taman dengan Gazebo Sederhana

Tidak suka kepanasan di taman? Taman model satu ini mungkin cocok untuk kamu.

Selain melindungi dari matahari, gazebo juga bisa dijadikan tempat untuk kumpul dengan teman-teman. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa tanaman untuk menghiasnya atau bahkan menambahkan kolam ikan.


4. Taman Berbatu

Bila kamu tidak terlalu suka dengan tanaman yang rimbun, kamu bisa memiliki taman berbatu ini.

Kamu cukup menambahkan kerikil, bebatuan, rumput, dan semak berbunga. Hasilnya adalah taman alami yang meniru alam liar. Jadilah kreatif dan bangun taman batu kamu sendiri!


5. Taman Inspirasi Jepang

Jepang memiliki taman yang indah! Taman Jepang yang ikonik luas, rumit, dan menampilkan banyak detail dan elemen menarik. Taman Jepang memiliki ciri khas adanya pohon bambu, pagar, semak yang dipangkas, dan tanah berkerikil. Kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak jenis tanaman dengan taman minimalis ini.

Source: Arsitag


6. Taman dengan Kolam

Adanya elemen air sering dianggap sebagai keharusan dalam taman. Jika kamu tidak memiliki lahan untuk air mancur yang rumit, kolam taman ini adalah solusi untuk kamu.

Temukan sudut di kebun kamu untuk membangun kolam. Lengkapi dengan bebatuan, kerikil, daun, dan sistem air mancur mini. Kamu juga bisa sekalian memelihara ikan di dalam kolam.


7. Taman Indoor

Jika tidak ada lahan di halaman belakang yang memadai, kamu bisa membuat taman di dalam ruangan.

Kamu bisa menggunakan konsep taman indoor yang mirip dengan konsep rumah kaca, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Taman ini juga bagus untuk sirkulasi udara, kamu juga bisa meletakkan kursi kecil sebagai tempat bersantai.


8. Taman dan Laundry

Salah satu ide desain taman minimalis yang bagus adalah dengan membuat taman yang menyatu dengan area laundry. Kamu dapat membuat area terbuka di belakang sebagai taman dengan menyisihkan ruang untuk digunakan sebagai tempat cuci pakaian.

Desain seperti ini juga cukup fleksibel karena area terbuka bisa kamu jadikan sebagai tempat menjemur. Jadi, kamu bisa menikmati sore hari setelah mencuci dan menjemur.


9. Taman dan Tempat Makan

Selain area laundry, kamu juga bisa membuat konsep taman minimalis yang menyatu dengan tempat makan. Kamu bisa meletakkan meja dan kursi di area terbuka dan meletakkan area dapur kotor di area tertutup.

Dengan konsep ini, kamu juga bisa mengadakan pesta kecil bersama keluarga atau sekedar makan siang. Untuk area terbuka, kamu bisa membuat atap agar tidak membasahi meja makan di taman saat hujan.

Source: Arsitag


10. Taman Rooftop

Lahan sudah penuh, tetapi ingin punya taman? Kamu bisa membuat taman di bagian atas rumah. Balkon atau atap rumah dapat dijadikan ruang luar untuk menanam tumbuhan, semak, bunga warna-warni, pohon, dan bahkan kebun sayur kecil jika kamu mau.

Kamu hanya perlu menyiapkan tanah dan benih tanaman untuk membuat rumah terlihat lebih asri seperti contoh berikut.

Source: Arsitag


11. Taman Herbal

Bahkan jika memiliki lahan terbatas, kamu dapat menanam tanaman herbal tepat di luar pintu kamu.

Kumpulkan koleksi pot tanaman dan tanam herbal yang paling sering kamu gunakan, serta beberapa varietas lainnya (kamu mungkin menemukan tanaman baru!).


12. Taman dengan Fire Pit

Fire Pit sangat bagus untuk malam yang menyenangkan selama musim yang lebih dingin. Halaman belakang kecil ini memiliki sudut untuk tempat membuat api unggun.

Di taman ini tersedia tempat duduk yang nyaman, teras papan dan kerikil, dan tanaman di sekitarnya.


13. Taman dengan Sudut Pembaca

Saat kamu membutuhkan ruang pribadi dan waktu sendiri, sudut taman ini sangat cocok untuk itu. Salah satu sisi taman memiliki sudut pembaca, dapat kamu manfaatkan untuk bersantai. Ruang terpencil ini memberimu banyak privasi.


14. Taman dengan Pencahayaan Kreatif

Taman yang nyaman dan cerah, terletak di antara tanaman yang rimbun dan jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Kamu hanya perlu menambahkan fairy light di tanaman dan menyediakan tempat duduk yang nyaman untuk taman kecil ini.


15. Taman Succulents

Succulents adalah tanaman yang menarik dengan bentuk, pola, dan warna yang menarik.  Selain menarik, taman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Jadi, cocok bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawan taman.


16. Taman dengan Daur Ulang Warna-warni

Mendaur ulang kaleng menjadi taman minimalis tidak hanya akan menghemat uang, tetapi juga bisa menjadi hiasan untuk halaman belakang kamu. Taman vertikal berwarna-warni ini adalah solusi cerdas untuk halaman belakang dengan ruang terbatas. Cara yang menyenangkan dan murah untuk mencerahkan area luar ruangan.


17. Minimalis Modern

Rapi, bersih, minimalis. Halaman belakang kecil ini diubah menjadi pusat yang nyaman dan tenang. Lantai keramik membuatnya mudah dibersihkan. Kamu juga bisa menambahkan bangku dan tanaman yang mengelilingi areanya.


18. Taman dengan Hammock

Buat tempat yang nyaman di taman kamu! Sudut hijau dan pribadi ini memiliki ayunan yang nyaman, cocok untuk bersantai. Taman kecil ini bisa dijadikan tempat yang asri dan sejuk.

Source: Arsitag

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Saat Membangun Halaman Rumah Minimalis

Cara Membuat Taman Minimalis

Taman minimalis bukan untuk semua orang. Berikut ini terdapat beberapa tips yang akan membantu kamu mempelajari cara membuat taman minimalis.


1. Pilih Benda Utama daripada Beberapa Item

Pilih benda atau tanaman yang ingin kamu tonjolkan. Dapat berupa apa pun yang kamu inginkan di taman, baik itu tanaman, furnitur, atau aksesori. Misalnya, menggunakan satu tanaman besar yang akan menarik perhatian daripada tanaman atau petak bunga yang ramai. Untuk furnitur, kamu mungkin menginginkan satu kursi santai daripada banyak kursi kecil. Jika ada sesuatu yang ingin kamu sertakan di taman kamu, pikirkan tentang satu bagian besar yang menarik perhatian daripada beberapa bagian yang lebih kecil.


2. Fokus pada Ruang yang Bersih dan Rapi

Untuk memiliki tampilan minimalis yang sempurna, taman kamu akan membutuhkan ruang terbuka yang luas bebas dari kekacauan dan dirawat dengan cara yang bersih dan rapi.

Ini bisa berupa halaman rumput yang bersih atau bahan keras lainnya seperti batu bata atau kerikil, tergantung pada gaya kamu.

Untuk memastikan ruang tanah ini bersih dan terawat, pastikan untuk berinvestasi untuk alat perawatan seperti mesin pemotong rumput, pembersih paving dan alat yang akan membantu kamu mengatur kerikil.


3. Pilih Warna Polos

Baik itu dengan bunga atau kain tempat duduk, banyak warna dan pola yang berani akan membuat taman kamu terasa lebih ramai.

Jadi, gunakan warna-warna polos dan netral seperti hijau, putih, dan krem ​​untuk tampilan minimalis yang ideal. Aplikasikan secara konsisten di seluruh taman, dan jika kamu ingin menggunakan pola, cobalah untuk memilih hanya satu atau dua bagian utama daripada memenuhi taman dengan banyak pola.


4. Tentukan Zona Jelas

Taman minimalis tidak berarti harus kosong, tetapi yang dapat membantu adalah memisahkan setiap area menjadi zona yang rapi, daripada menggunakan satu ruang terbuka yang besar untuk semuanya. Kamu dapat dengan mudah menggunakan border, hedging, dan fencing untuk membuat zona yang kamu inginkan di taman, tergantung pada minat kamu. Kamu mungkin menginginkan zona terpisah kecil untuk bunga dan tanaman saja atau zona persegi sebagai tempat yang sempurna untuk melakukan yoga atau bermeditasi.


5. Batasi Jenis Tanaman

Coba batasi tanaman yang ada di taman menjadi kurang dari tiga spesies, ulangi tanaman dalam skema sesuai kebutuhan. Pilihan terbatas tidak hanya memiliki tampilan yang luar biasa, tetapi juga membuat perawatan menjadi jauh lebih mudah.


6. Pilih Hanya Beberapa Tanaman dengan Perawatan Renda

Taman minimalis bukan hanya tentang bagaimana kamu memilih untuk menatanya — ini juga tentang seberapa banyak upaya yang diperlukan untuk mempertahankannya.

Untuk mendapatkan rutinitas taman yang paling sederhana, pilihlah beberapa tanaman atau bunga utama yang tumbuh subur tanpa banyak perhatian. Pilihan tanaman luar ruangan yang kuat membebaskan kamu untuk tidak perlu khawatir terus-menerus merawatnya, ini membantu menciptakan ruang yang bebas stres.


7. Kelola Suara dengan Penambahan Air

Fitur air sebenarnya merupakan bagian penting dari taman minimalis, karena air juga memberikan ketenangan.  Kamu bisa menggunakan air mancur, air terjun mini atau kolam.


8. Tambahkan Hammock di Halaman Belakang

Kamu telah mendesain seluruh taman kamu dengan tanaman, bunga yang indah, dan banyak lagi hal lainnya. Sebagian orang senang menghabiskan waktu di taman. Terutama selama musim panas. Untuk itu, kamu membutuhkan sesuatu di taman yang bisa membuat kamu lebih nyaman. Hammock bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk halaman belakang atau taman. Setiap kali kamu pergi ke halaman belakang, kamu pasti akan senang menggunakan ayunan di sana.


9. Gunakan Penanaman Kontainer Untuk Membawa Bunga Ke Taman Minimalis

Jika ingin menambahkan sedikit variasi dalam taman, kamu bisa menambahkan tanaman dalam kontainer atau pot tanaman. Ketika menggunakan wadah untuk tanaman, akan memberikan kesan estetik dengan palet warna. Kamu juga bisa mengubah tampilan taman setiap tahunnya hanya dengan mengubah wadah tanaman. Jika kamu mau, kamu bisa menambahkan tumbuhan buah dan sayuran yang bisa dimakan.


Baca juga: 11 Inspirasi Desain Depan Rumah Terbaik


Kesimpulan


Gaya desain taman minimalis bisa sangat mudah dan menarik untuk dibuat. Kebanyakan orang menyukainya karena tampilan yang sederhana, estetis, dan menarik.

 

Ingin rumah dengan taman minimalis dan modern? Kamu bisa mewujudkannya bersama BTN. Cek website kami untuk melihat pilihan rumah impian kamu dan program yang ditawarkan

 



Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya