(0)



Keterbatasan lahan di daerah perkotaan sudah menjadi hal yang umum diketahui. Hal ini membuat hunian atau tempat tinggal memiliki keterbatasan untuk membuat taman pada halaman rumah. Sebagian orang mengakali masalah tersebut dengan membuatnya di atas atap rumah.

Dengan ketersediaan atap rumah yang datar, kamu dapat membuat rooftop garden minimalis. Rooftop garden minimalis bisa digunakan untuk bercocok tanam, duduk-duduk, bahkan hanya sekedar untuk menikmati keindahan sekitar.

Ingin tahu bagaimana menciptakan desain taman rooftop minimalis? Yuk, simak artikel di bawah ini!


Key takeaways:

  • Keterbatasan lahan dan kebutuhan akan ruang terbuka hijau menjadi pendorong untuk pembuatan rooftop garden pada atap rumah hunian di kota.
  • Rooftop garden atau taman atap adalah ruang terbuka hijau yang berada di tingkatan paling atas sebuah bangunan.
  • Terdapat beberapa tips untuk membuat rooftop garden minimalis, yaitu pemilihan warna, pemilihan material, penambahan elemen yang menunjang nilai estetika dan fungsional, serta tips-tips lainnya.
  • Jika kamu kesulitan untuk membuat rooftop garden minimalis, kamu dapat mencari dan membeli rumah jadi yang sudah memiliki rooftop garden minimalis.

Apa Itu Rooftop Garden atau Taman Atap?

Rooftop garden atau taman atap adalah ruang terbuka hijau yang berada di tingkatan paling atas sebuah bangunan. Rooftop garden atau taman atap biasanya dijadikan tempat untuk membudidayakan tanaman, ruang bermain, tempat duduk santai, dan area hijau.

Selain manfaat dekoratifnya, rooftop garden atau taman atap juga dapat mengembangkan aktivitas bercocok tanam, mengontrol suhu, memberikan manfaat hidrologis, menambah estetika, kegiatan bersantai, dan dalam skala besar memiliki manfaat ekologis.

Seni bercocok tanam di rooftop garden atau taman atap biasanya disebut sebagai rooftop farming (pertanian atap), yang biasanya menggunakan sistem green roof, hidroponik, aeroponik, dan air-dynaponics atau tanaman pot.

Baca juga: Punya Taman dalam Ruangan Tertutup? Ini dia Tipsnya!


Cara Membuat Desain Rooftop Garden Minimalis Sendiri


Berikut adalah cara dan tips untuk membuat rooftop garden minimalis yang dapat kamu ikuti sebagai inspirasi untuk membuat desain rooftop garden minimalis impianmu.

1. Membuat Rooftop Garden dengan Tampilan Terbuka

Rooftop garden atau taman atap identik dengan pemandangan terbuka. Pemandangan dari rooftop garden adalah faktor utama yang dapat membuat rooftop garden menjadi lebih menarik. Dengan begitu, semua elemen desain perlu dipertahankan dan dimaksimalkan.

Dengan desain rooftop garden minimalis yang baik, atap rumah yang kecil akan tetap terlihat lebih luas jika menggunakan konsep terbuka. Hal inilah yang perlu kamu perhatikan saat membuat desain rooftop garden.

Kamu bisa mengganti dinding parapet dengan pagar kaca transparan. Selain kaca transparan, kamu bisa membuat desain rooftop garden minimalis menggunakan pagar besi, kisi-kisi besi, railing, atau pagar tanaman di sekeliling batas atap rumah.

Dengan begitu, desain rooftop garden minimalis akan tetap terbuka dan menambah kesan luas. Namun, jika kamu memang memerlukan privasi dan ingin menghalangi pandangan dari luar ke rooftop garden kamu, tidak perlu terapkan tips ini.

2. Menghindari Efek Cuaca

Dalam membuat desain rooftop garden minimalis, kamu memerlukan investasi atau dana yang tidak sedikit. Karenanya, kamu bisa memaksimalkan desain taman atap minimalis kamu dengan desain yang juga menunjang kenyamanan.

Seperti yang kamu ketahui bahwa di Indonesia, musim hujan dan kemarau bisa memberikan efek pada tubuh kita. Panas yang menyengat dapat membuat kulit terbakar, sedangkan hujan yang deras dapat membuat tubuh kebasahan.

Sehingga hal ini menjadi tantangan untuk mempertimbangkan menggunakan berbagai elemen yang dapat mengurangi tantangan cuaca dengan komponen desain rooftop garden minimalis yang menarik dan sesuai dengan konsep atau gaya interior kamu.

Kamu dapat menggunakan kanopi, payung, atau material kreatif lainnya di rooftop garden minimalis kamu. Selain itu, gunakanlah windscreen atau tanaman yang memiliki fungsi dapat menghalau angin. Hal ini dikarenakan unit-unit di koridor biasanya berangin dan membutuhkan penghalau angin.

3. Mempersiapkan Media Tanam untuk Rooftop Garden


Dalam mempersiapkan media tanam untuk rooftop garden minimalis kamu, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Kapasitas berat: Perhitungkan kapasitas beban struktural maksimum atap rumah yang disarankan untuk atap rumah kamu sebelum mempersiapkan media tanam.
  • Tanah dan pupuk: Pastikan untuk meneliti serta menggunakan jenis tanah dan pupuk yang tepat untuk tanaman yang ingin kamu tanam. Jika kamu menggunakan sistem wadah seperti bak tanaman atau pot, kamu dapat menggunakan berbagai jenis tanah dan pupuk.
  • Drainase: Jika kamu memiliki wadah besar, sangat penting jika bagian bawahnya memiliki ‘kaki’ atau setidaknya celah untuk udara bergerak dan air mengalir keluar dari pot. Deretan pot dengan kain filter juga akan membantu menghentikan partikel tanah merembes keluar melalui lubang drainase.
  • Persediaan air: Pikirkan bagaimana mendapatkan persediaan air, misalnya menggunakan hidran rooftop, tong tadah hujan, sistem irigasi khusus, atau hanya perlu wadah air untuk menyirami tanaman kamu.
  • Paparan sinar matahari: Untuk mengetahui berapa besar paparan sinar matahari, evaluasilah berapa banyak sinar matahari yang akan didapat tanaman kamu di atap. Ini akan membantu kamu menentukan jenis tanaman apa yang cocok untuk rooftop garden minimalis kamu.
  • Hembusan angin: Daerah yang sangat berangin bisa mengeringkan tanaman atau mematahkan batang sebelum tanaman tumbuh besar. Solusi lain, kamu bisa menambahkan penghalang angin seperti pagar atau dinding.
  • Waterproofing: Kamu bisa menambahkan lapisan panel yang digunakan sebagai dasar permukaan perkerasan. Di atas panel permukaan lapisan keras, tambahkan lapisan karet tahan cuaca.

4. Memilih Jenis Tanaman

Berikut ini adalah tips untuk memilih jenis tanaman yang cocok untuk ditanam pada rooftop garden minimalis.

  • Memilih jenis tanaman buffer: Jika kamu memiliki atap rumah yang luas atau ingin menangkal efek buruk lingkungan sekitar dan memperoleh privasi di rooftop kamu, tanaman bambu dan rumput merupakan kombinasi yang bagus karena memiliki biaya perawatan rendah.
  • Menanam jenis tanaman pot: Hindari tanaman berbatang kecil yang rentan terhadap angin. Tanaman yang ideal untuk rooftop garden minimalis harus tahan lama dan mampu menangkal angin dan kondisi buruk lingkungan lainnya.
  • Pertimbangkan permainan warna dan jenis tanaman: Gunakan perpaduan warna hangat dan dingin secara seimbang untuk mendapatkan tampilan cantik, misalnya memadukan pohon, semak, tanaman berdaun warna, atau tanaman berbunga.
  • Bercocok tanam sayur: Pilihlah jenis tanaman rendah, seperti wortel, bit, lobak, tomat, selada, bayam, kacang-kacangan, varietas tanaman merambat, dan berbagai jenis sayuran lainnya.

5. Aksen pada Media Tanam


Tidak bisa dipungkiri dalam membuat desain taman atap atau desain rooftop garden minimalis, tanaman dan pot memiliki fokus perhatian yang sama pentingnya. Kamu dapat memadukan tanaman dengan potnya hingga menciptakan hasil yang indah dan fungsional. Untuk menciptakan elemen dinamis secara visual dalam ruang dapat dilengkapi elemen kolom, massa, background, dan titik fokus.

6. Alternatif Taman Vertikal

Jika kamu memiliki area rooftop garden minimalis yang tidak begitu luas, sistem taman vertikal bisa menjadi solusi. Dengan menggunakan taman vertikal, rooftop garden bisa tetap nampak hijau dan banyak tanaman tanpa harus memikirkan luas rooftop garden minimalis yang kamu miliki. Gunakanlah rak untuk menggantung tanaman di dinding. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pagar tanaman dan pergola untuk membuat taman vertikal.

7. Menambahkan Elemen Air atau Kolam


Untuk meredam kebisingan perkotaan yang dapat mengganggu kenyamanan, solusi yang dapat dilakukan adalah membuat air atau kolam pada taman atap atau rooftop garden minimalis. Kamu dapat menambahkan elemen air dengan membuat kolam dengan pancuran air.

Jika kamu memiliki anggaran yang minim, bisa juga menggunakan alternatif air mancur di dinding sehingga dapat menghemat biaya dan juga ruang. Dengan begitu, suara kebisingan di kota baik siang maupun malam dapat dihindari dengan penambahan elemen air ini.

8. Menambahkan Pencahayaan untuk Menambah Estetika

Pencahayaan adalah elemen yang dapat menunjang nilai estetika pada rooftop garden minimalis. Pada saat malam hari, pastikan rooftop garden minimalis dalam keadaan yang terang terutama pada area yang sering dilewati seperti pintu, tangga, dan jalanan. Kamu sebaiknya menempatkan lebih banyak titik pemasangan lampu agar rooftop garden minimalis dapat menjadi lebih estetik dan hangat.

9. Perpaduan Warna Tidak Lebih dari 3 Warna

Dalam membuat desain taman atap atau desain rooftop garden minimalis, pilihlah satu warna sebagai warna utama dan dua warna lagi sebagai warna yang melengkapi warna utama. Gunakanlah warna yang sama untuk dinding, lantai, pagar, furnitur, dan bak tanaman. Dengan begitu, rooftop garden minimalis kamu tidak terlihat terlalu ramai.

Untuk mendukung konsep minimalis pada rooftop garden, gunakanlah warna-warna yang netral. Kamu dapat menggunakan warna putih, abu-abu, krem, dan warna netral lainnya. Dengan begitu kamu juga dapat menonjolkan keindahan dari tanaman yang ada.

10. Gunakanlah Lantai yang Bagus


Tips terakhir yaitu perihal lantai. Lantai adalah hal yang juga penting untuk diperhatikan dalam desain taman atap atau desain rooftop garden minimalis. Dengan lantai yang bagus dan sesuai dengan konsep minimalis, rooftop garden akan menjadi lebih indah.

Kamu dapat memilih lantai sesuai dengan anggaran, iklim, dan tema rooftop garden minimalis kamu. Umumnya, rooftop garden minimalis menggunakan decking kayu. Namun terdapat material lantai ringan lainnya yang ada di pasaran dengan berbagai pola, finishing, dan warna yang berbeda.

Baca juga: Sejuk dan Menenangkan, Ini Dia Inspirasi Taman Zen Jepang


Mendapatkan Rumah dengan Rooftop Garden Minimalis di BTN Properti

Kita terkadang membutuhkan ruang terbuka hijau di hunian. Karenanya, dengan lahan yang terbilang tidak begitu luas, masyarakat mengakalinya dengan membuat rooftop garden minimalis.

Ingin membaca artikel bermanfaat lainnya? Baca artikel menarik lainnya melalui website BTN Properti kami. Di website kami, kamu dapat menemukan berbagai artikel bermanfaat terkait properti, mulai dari tips terkait properti, ide desain rumah ataupun ruangan di rumah, program KPR, dan lain-lain. 


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya