(0)



Kini sudah banyak cara yang dapat kamu piluh untuk membeli rumah. Salah satunya adalah dengan skema KPR Syariah. Membeli rumah dengan KPR syariah sendiri mendatangkan banyak manfaat untuk kamu.

Program KPR sendiri merupakan skema pembiayaan untuk membantu masyarakat membeli rumah. Kini sudah ada banyak bank di Indonesia yang menawarkan program KPR, begitu juga dengan Bank Syariah juga menawarkan program KPR dengan skema syariah. KPR syariah sendiri saat ini sangat populer di kalangan milenial.

Ingin membeli rumah dengan KPR syariah? Simak artikel ini untuk mengetahui tips-tipsnya.


Sekilas Mengenai KPR Syariah

KPR Syariah merupakan pembiayaan kepemilikan rumah melalui Bank Syariah dengan menggunakan skema akad yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Jenis akad yang banyak digunakan pada produk pembiayaan KPR Syariah adalah sebagai berikut:

  1. Akad Murabahah atau Jual Beli – adalah akad dengan skema jual beli antara bank dan nasabah, dimana Bank Syariah membeli rumah sesuai pesanan nasabah dari pengembang. Selanjutnya Bank menjual kepada nasabah dengan margin/ keuntungan bank yang telah disepakati.
  2. Akad Musyarakah Mutanaqisah atau Sewa Akad Musyarakah Mutanaqisahadalah skema KPR dengan akad kerjasama antara bank dan nasabah, dimana masing-masing pihak memberikan konstribusi modal untuk suatu pemilikan aset/ usaha yang halal dengan pembagian keuntungan sesuai kesepakatan. Selanjutnya terjadi penurunan porsi kepemilikan Bank berdasarkan pembelian/pembayaran secara bertahap oleh nasabah melului angsuran KPR-nya.
  3. Akad Ijarah Muntahiya Bit Tamlik atau Sewa Beli – Adalah bentuk akad atau perjanjian sewa menyewa antara bank sebagai pemilik obyek sewa (rumah) dengan nasabah sebagai penyewa untuk memanfatkan rumah dalam jangka waktu tertentu dengan harga sewa (ujroh) yang dibayar secara berkala. Pada akhir masa sewa, nasabah memperoleh hak pilih/opsi untuk mengalihkan kepemilikan rumah yang bersangkutan dengan harga tertentu atau memperpanjang jangka waktu sewa berdasarkan akad yang telah disepakati.
  4. Istishna – adalah akad pembiayaan yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang digunakan untuk membeli rumah berdasarkan pesanan nasabah dalam kondisi rumah/bangunan belum terbangun, atau sedang dalam tahap pembangunan.


Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR Syariah

Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan membeli rumah menggunakan KPR syariah, antara lain:

1. Sesuai Prinsip Syariah

Salah satu keuntungan yang paling signifikan dari KPR syariah adalah kita telah berikhtiar untuk mengambil pembiayaan KPR dengan skema akad sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan menghindari transaksi yang mengandung unsur dilarang dalam syariah antara lain maisyir (perjudian), gharar (pertaruhan), dan riba (tambahan atas pokok yang dilarang). Semoga kita kelak mendapatkan ridho dari Allah SWT.

2. Angsuran yang Pasti sesuai Akad

Saat mengambil pembiayaan KPR syariah, bank akan menjelaskan objek transaksi, akad pembiayaan, dan juga termasuk di dalamnya pembayaran angsuran yang telah disepakati untuk dibayarkan oleh nasabah sejak awal pembiayaan hingga lunas. Sehingga nasabah tidak perlu khawatir adanya perubahan angsuran di luar kesepakatan.

3. Pembinaan Nasabah sesuai Prinsip Syariah

Pada Bank Syariah, apabila nasabah terlambat membayar angsuran secara sengaja, sedangkan dia mampu, maka bank akan melakukan pembinaan kepada nasabah dengan mengenakan ta’zir (sanksi) dan ta’widh (ganti rugi) kepada nasabah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
Demikian juga apabila nasabah mengajukan pelunasan dipercepat maka bank dapat memberikan diskon atas margin /keuntungan bank yang sebelumnya telah disepakati diawal akad.

4. Memudahkan Perencanaan Keuangan

Dikarenakan salah satu keuntungan membeli rumah dengan KPR Syariah adalah jumlah angsuran yang jelas, maka kamu bisa membuat perencanaan keuangan tanpa perlu khawatir kenaikan angsuran suatu saat nanti.

Baca juga: Begini 3 Cara Beli Rumah Syariah yang Wajib Dicoba


Tips Membeli Rumah melalui KPR Syariah


Tertarik untuk membeli rumah dengan KPR Syariah? Ikuti tips-tips berikut ini untuk membeli rumah melalui KPR syariah.

1. Pahami Legalitas Rumah yang Dibeli

Dalam membeli rumah sebaiknya lakukan konfirmasi kepada pengembang tentang legalitas dan perijinan rumah yang akan dibeli. Antara lain sebagai berikut:

a. Sertifikat bukti kepemilikan rumah.

Lakukan konfirmasi kepada pengembang perihal legalitas kepemilikan tanah yang akan dibeli sudah terbit Sertifikat Hak Milik, Sertifikat Hak Guna Bangunan, atau atau Sertifikat Hak Pengelolaan Lahan. Konsultasikan lebih kepada petugas Bank Syariah atas bukti kepemilikan lahan tersebut.

b. Ijin Mendirikan Bangunan/Perijinan Bangunan Gedung.

Lakukan juga konfirmasi kepada pengembang perihal perijinan bangunan rumah, apakah sudah terbit, selanjutnya konsultasikan kepada petugas di Bank Syariah.

2. Pilih Rumah yang Memiliki Lokasi Strategis

Sebaiknya pilih rumah dengan lokasi yang strategis. Pertimbangkan jarak rumah yang kamu beli dengan tempat ibadah, kantor/tempat usaha, sekolah anak, fasilitas umum seperti pasar, jalan raya, maupun transportasi umum.

Selain kemudahan dan waktu tempuh yang singkat serta efisiensi biaya, kamu juga bisa memperoleh keuntungan dari nilai jual kembali dari rumah jika berencana menjualnya kembali di masa datang.

Untuk mengetahui lokasi perumahan tersebut, kamu bisa mencari informasi di berbagai website portal jual beli rumah, salah satunya di btnproperti.co.id.

3. Pilih Harga Rumah Sesuai.

Untuk membeli rumah sebaiknya kamu juga mempertimbangkan terkait harga jual rumah.

Selain berdasarkan pertimbangan alokasi kemampuan keuangan, sebaiknya pertimbangkan juga apakah harga yang dijual oleh pengembang sebanding dengan spesifikasi bangunan, lokasi dan fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengembang. Apabila kamu berencana mengajukan KPR melalui Bank Syariah, konsultasikan juga perihal uang muka, biaya-biaya transaksi pembelian rumah, serta kemampuan angsuran KPR syariah kepada petugas Bank.

Informasi simulasi uang muka, plafon pembiayaan bank, angsuran dan biaya-biaya juga bisa kamu peroleh dengan mengakses www.btnproperti.co.id.

 

Ajukan KPR Syariah melalui BTN!

Ingin mengajukan KPR syariah tapi tidak tahu tempat yang kredibel untuk mengajukannya? BTN adalah jawaban yang tepat bagimu. Bank BTN menawarkan banyak keunggulan dari fasilitas KPR yang ditawarkan dan dapat dipercaya.

Selain program KPR, Bank BTN juga memiliki fitur simulasi KPR di situs BTN Properti, sehingga sebelum mengajukan KPR, kamu dapat terlebih dahulu memperkirakan biaya yang harus kamu bayarkan ketika mengajukan KPR nanti.

Jadi tunggu apa lagi, ayo wujudkan impianmu untuk memiliki rumah bersama dengan KPR Syariah dari Bank BTN. Kunjungi website BTN Properti untuk mempelajari lebih lanjut tentang KPR BTN. 


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 3 September 2024
Mitos Rumah Hook yang Perlu Kamu Ketahui: Fakta vs. Mitos
Berbagai jenis dan model rumah modern kini marak digemari oleh banyak orang. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah model hoek. Selain itu, setiap rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang rumah juga memiliki mitos. Misalnya rumah tusuk sate dan rumah hoek.Seringkali rumah hoek dianggap memiliki nilai jual yang tinggiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 3 September 2024
Ingin Buat Walk-in closet Mewah? Cek Tips dan Contohnya di Sini
Mau ruangan yang terorganisir untuk meletakan item busana kamu? Walk-in closet bisa jadi solusi yang menarik! Selain menambah value rumah, penyimpanan barang kamu juga bisa jadi lebih rapi, lho.Berikut tips dan contoh inspirasi desain walk-in closet mewah untuk rumahmu.Key takeaways:Terdapat perbedaan antara ruang ganti dan walk-in closet, salah satunya ukuranBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 September 2024
Tips Buat Walk-In Closet Minimalis, Harus Tahu!
Kamu suka menginvestasikan uangmu untuk item fashion? Maka walk-in closet adalah fitur penting yang perlu kamu pertimbangkan di rumah impian. Walk-in closet dapat menyediakan solusi penyimpanan barang sekaligus investasi yang baik untuk rumah kamu.Desain minimalis kerap kali dipilih untuk membuat walk-in closet tetap memiliki kesan rapi. Pada artikel ini kitaBaca Selengkapnya